Posted by: ipit08 | September 14, 2009

HAK-HAK DASAR TKA DAN PEDOMAN PRAKTIS MENCARI BANTUAN

Seputar UU Tenaga Kerja

Hak-hak seorang TKA yang bekerja di Taiwan telah diatur dalam UU Ketenagakerjaan Taiwan (Labour Standard Law & Employment Service Act). Di dalamnya termuat beberapa pasal yang secara jelas memerincikan apa yang merupakan hak pekerja, apa konsekuensi (sanksinya) bila hak-hak itu dilanggar baik oleh majikan atau pun pihak lainnya. Oleh karena itu, pengetahuan yang cukup tentang aturan itu akan sangat membantu TKA dalam membela hak-haknya sendiri.

 

Beberapa pasal yang kiranya perlu anda ketahui:

Pasal 14, ayat 5: Seorang pekerja berhak memutuskan kontrak kerja tanpa peringatan terlebih dahulu bila majikan tidak membayar upah sesuai dengan peraturan yang tertera dalam kontrak kerja (Artinya: tidak membayar gaji pekerja merupakan suatu pelanggaran serius)

 

Pasal 21: Meskipun pengupahan seorang pekerja dapat dilakukan melalui negosiasi dengan majikan, namun pekerja tidak pernah boleh diupah di bawah upah minimum yang resmi. (Artinya: bila anda bekerja pada sektor formal maka gaji minimum-belum termasuk lembur, dll – adalah NT$ 17,280/bulan – tidak pernah boleh lebih rendah dari jumlah tersebut. Bagi yang bekerja di sektor informal seperti PRT atau perawat di rumah-rumah digaji minimal NT$ 15,840/bulan – belum termasuk lembur)

 

Pasal 22: Gaji dibayar oleh majikan secara langsung kepada pekerja sesuai jumlah yang tertera dalam lembaran gaji yang resmi (Artinya: gaji harus diserahkan langsung oleh pihak pertama yaitu majikan/pabrik kepada pihak kedua yaitu pekerja, TANPA melalui pihak ketiga, misalnya agensi. Saat pembayaran gaji, pekerja harus menandatangani daftar gaji yang secara jelas mencantumkan total gaji, jenis-jenis potongan dan pendapatan bersih yang diterima pekerja. JADI, memberikan gaji pekerja pada agensi dan membayar gaji tanpa menandatangani lembaran gaji adalah tindakan yang melanggar UU Ketenagakerjaan)

 

Pasal 24: Majikan harus membayar upah lembur dengan aturan sebagai berikut:

1. Bila jam lembur tidak lebih dari 2 jam: upah lembur per jamnya adalah upah per jam yang resmi dikali 1,33

2. Bila jam lembur lebih dari 2jam tetapi tidak lebih dari 4 jam, maka upah lembur pada jam tersebut adalah upah per jam yang resmi dikalikan 1,66

(Artinya: Berdasarkan peraturan pengupahan yang baru sejak Juli 2007 di mana gaji pokok sebesar NT$ 17,280/bulan – NT$ 576/hari – NT$ 72/jam, MAKA, perhitungan lembur 2 jam pertama adalah: NT$ 72 X 1,33 = NT$ 95,76/jam atau NT$ 96/jam, sedangkan jam berikutnya: NT$ 72 X 1,66 = NT$ 119,52/jam atau NT$ 120/jam. Di luar aturan tersebut adalah pelanggaran)

 

Pasal 25: Majikan tidak boleh memberikan perlakuan yang berbeda kepada pekerja atas dasar perbedaan jenis kelamin. Upah yang sama untuk jenis pekerjaan yang sama kepada pekerja (Artinya: bila dalam pabrik anda diupah lebih rendah hanya karena anda pria atau wanita untuk melakukan pekerjaan yang sama yang dilakukan oleh pekerja lain yang berbeda jenis kelamin dengan anda, itu adalah illegal)

 

Pasal 26: Majikan tidak diperbolehkan memotong gaji pekerja sebagai denda atas kerusakan atau ganti rugi (Berlaku sistem peringatan / warning bila memang kesalahan itu dianggap cukup serius)

Sanksi: Pasal 78: majikan akan didenda NT 30,000 bila memotong gaji pekerja sebagai hukuman atau denda/ganti rugi

 

Pasal 27: Jika gaji tidak dibayar pada waktunya, maka badan atau instansi yang berwenang dapat memerintahkan majikan bersangkutan untuk membayarnya dalam jangka waktu yang ditentukan. (Artinya: tidak boleh mendiamkan begitu saja bila anda terlambat digaji atau tidk digaji samasekali. Laporkan hal tersebut ke CLA  atau BLA)

 

Pasal 30: Jam kerja resmi adalah 8 jam sehari dan/atau tidak boleh lebih dari 84 jam dalam 2 minggu. (Bekerja lebih dari jumlah jam tersebut harus diperhitungkan sebagai lembur)

 

Pasal 36: pekerja akan mendapat 1 hari libur setelah 7 hari kerja. (Pekerja di sektor formal berhak untuk mendapat libur sehari setelah 7 hari kerja, kecuali atas persetujuan pekerja, maka bisa diatur secara lain)

 

Pasal 37: Pekerja dijamin mendapatkan hari libur pada hari raya, hari buruh dan hari – hari raya lainnya yang ditetapkan oleh otoritas yang berwenang. (Artinya: pada hari raya yang telah ditetapkan ini anda berhak untuk mendapat libur)

 

Pasal 42: Majikan tidak boleh memaksa pekerja untuk melakukan pekerjaan selain jam kerja yang biasa dan telah ditentukan dengan alasan kesehatan atau alasan lainnya. Pasal 77: Bila majikan melanggar pasal ini; akan dikenakan hukuman penjara untuk jangka waktu tidak lebih dari 6 bulan, ditahan atau ,membayar denda sebesar NT 20,000

(Artinya: pekerja tidak boleh memaksa diri untuk bekerja lebih dari jam resmi atau untuk lembur bila kondisi atau alasan lain tidak memungkinkannya atau bila itu membahayakan kesehatannya. Bila majikan atau pabrik memaksa, itu adalah sebuah pelanggaran dan anda berhak untuk menolak dan melaporkannya)

 

Pasal 54, ayat 8 (Employment Service Act): Majikan tidak pernah boleh secara illegal menahan dokumen seperti paspor atau KTP (ARC) atau barang-barang lain milik pekerja asing. Sanksinya adalah pencabutan izinan mempekerjakan pekerja asing oleh majikan tersebut. (Dalam sebuah pernyataan resmi CLA pada tanggal 29 Mei 2009 dikatakan: meskipun pada awalnya ada persetujuan kedua pihak (majikan dan pekerja) bahwa majikan menyimpan dokumen-dokumen milik pekerja,tapi bila di kemudian hari pekerja meminta dokumen-dokumen tersebut maka harus segera diberikan. Penolakan tanpa alasan yang jelas atas tindakan ini merupakan perbuatan illegal dan akan didenda sampai NT $ 300.000 serta pencabutan izinan mempekerjakan orang asing selama 2 tahun)

 

Setelah anda mengetahui beberapa informasi tentang hak anda sebagai pekerja, maka apa yang harus anda lakukan bila hak-hak tersebut dilanggar?

ANDA HARUS MELAPORKANNYA!

Bagaimana dan ke mana harus melapor?

Beberapa tips berikut ini kiranya berguna untuk anda:

 

Prosedur Umum Melapor:

Data-data yang harus disertakan:

  1. Data Pribadi:
  • Nama Lengkap (sesuai dengan yang tertera dalam paspor anda)
  • No. Paspor atau ARC (KTP)
  • No. Telpon anda (agar mudah dihubungi bila diperlukan)
  • Negara asal anda
  • Tanggal kedatangan ke Taiwan

2.Pekerjaan:

  • Jenis pekerjaan (PRT, Perawat, Buruh Pabrik/Bangunan atau Nelayan)
  • Daerah / alamat tempat anda bekerja di Taiwan
  • Nama & Alamat Majikan
  • Nama & Alamat agensi
  • Nama PJTKI di Indonesia
  1. Pengaduan:
  • Tertulis: tulis dengan jelas inti atau point-point pengaduan anda lalu anda bisa kirimkan lewat kantor pos atau dikirim melalui fax di setiap 7Eleven terdekat
  • Lisan: per telepon

 

Siapakah Pihak-Pihak yang bisa anda hubungi ketika anda bermasalah dalam Pekerjaan?

 

Dalam relasi anda sebagai pekerja dengan majikan, kemungkinan besar anda akan menghadapi beberapa persoalan, seperti masalah gaji, perlakuan, kondisi kerja, dsbnya. Bila hal-hal tersebut terjadi dan menimpa anda, maka yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut:

        mengkonfirmasi dan menanyakan hal tersebut langsung kepada majikan; bila majikan tidak mendengarkan anda, maka

        Sampaikan hal tersebut kepada agen anda dan meminta agen untuk segera menengahi serta mencari jalan keluarnya

        Tetapi bila baik majikan atau agen tidak menghiraukan anda, maka itulah saatnya melaporkan permasalahan anda kepada pihak-pihak lain.

  • Depnaker Pusat (CLA: Council of Labour Affairs): CLA merupakan intansi/badan nasional yang mengatur kebijakan kerja di Taiwan, seperti: menerbitkan peraturan yang berkaitan dengan mempekerjakan buruh migran. Setiap perusahaan atau majikan yang mempekerjakan orang asing (buruh migran) harus mengurus perizinan pada CLA dan setiap proses transfer/perpindahan majikan harus mendapat persetujuan/pengesahan dari CLA. CLA juga menerbitkan izin operasional bagi para agensi, karena itu bila anda pengaduan berkaitan dengan agensi, anda bisa langsung melapor ke CLA.

Sejak 01 Juli 2009: CLA telah meluncurkan sebuah nomor pengaduan baru bebas pulsa (Free HOTLINE)

New Free Hotline        : 1955 yaitu sebuah layanan dengan beberapa keistimewaan, antara lain: (sebagaimana dikutip dari brosur CLA dengan sedikit perubahan bukan pada isinya)

  • Melayani 24 jam: tanpa libur seperti hari Minggu atau malam hari
  • Dua Bahasa: bahasa Mandarin dan bahasa yang digunakan pekerja asing (Inggris, Indonesia, Thailand dan Vietnam)
  • Bebas pulsa

Jenis-Jenis pelayanannya adalah:

  • Layanan Informasi: bila anda ada masalah kontrak kerja, gaji, jam kerja, kecelakaan dalam kerja atau masalah agensi, CLA  melalui layanan ini siap memberikan konsultasi bantuan hukum secara terperinci
  • Layanan Pengaduan: Jika anda menghadapi persengketaan dengan majikan, mendapat perlakuan yang tidak wajar, atau pelecehan seksual, untuk perlindungan hak anda maka layanan ini akan menghubungi Depnaker setempat atau kepolisian untuk melakukan pemeriksaan
  • Menyediakan konsultasi bantuan hukum: Jika anda mengalami persengketaan dengan majikan yang menimbulkan berbagai masalah, CLA melalui layanan ini juga menyediakan konsultasi bantuan hukum
  • Memindahkan ke tempat layanan perlindungan: Jika anda mengalami persengketaan hukum, pelecehan seksual atau perdagangan manusia, layanan ini akan membantu sesuai keinginan anda, melaporkan kepada pihak Depnaker setempat untuk memberikan penampungan sementara
  • Menyediakan pelayanan informasi instalasi staf lainnya: Jika masalah anda berhubungan dengan instansi lain, layanan ini dapat memberikan informasi lain seperti kekerasan rumah tangga, pencegahan pelecehan seksual, imigrasi dan kepolisian

 

  • Depnaker Daerah (BLA: Bureau of Labour Affairs): BLA merupakan instansi yang menangani masalah pekerjaan yang ada di setiap kota (city) atau kabupaten (county). Untuk memberikan pelayanan khusus kepada para buruh migran maka setiap BLA memiliki seksi khusus yang disebut: Pusat Pelayanan dan Konsultasi bagi para Buruh Asing (lebih dikenal sebagai: Pusat Konseling). Pusat Pelayanan ini mempekerjakan staf yang selain berbahasa Mandarin, juga berbahasa Inggris dan bahasa yang digunakan oleh para buruh migran (Bahasa Indonesia, Thailand, dan Vietnam).

BLA bertugas menengahi perselisihan/persengketaan antara pekerja dan majikan. Pengaduan atas perlakuan majikan dan agensi serta kondisi kerja dialamatkan kepada BLA setempat di mana anda bekerja. Selain itu, BLA juga bertugas mengawasi dan mengecek perusahaan atau majikan yang mempekerjakan buruh migran untuk mengetahui sejauh mana pihak-pihak tersebut menjalankan peraturan kerja yang dikeluarkan oleh CLA.

Ingat ! Bila anda bermasalah, maka hanya BLA di wilayah anda bekerja yang berwenang menyelesasikannya. Maka, penting sekali mengetahui (mencatat dan menyimpan) alamat dan nomor telepon BLA di wilayah anda bekerja. (catatan: untuk mengetahui nomor-nomor telpon tersebut, anda bisa mendapatkannya di halaman lain Majalah INTAI ini)

 

  • Kantor Dagang & Ekonomi Indonesia di Taipei (KDEI): KDEI merupakan perwakilan Negara RI di Taiwan. Dalam pelaksanaan tugasnya sehari-hari, KDEI kurang lebih berfungsi seperti sebuah kedutaan. Untuk mengurus dan memberikan pelayanan bagi warga Indonesia di Taiwan, khususnya bagi para TKI, maka KDEI mempunyai seorang konsuler yang membidangi masalah keimigrasian dan Ketenagakerjaaan.

Bila anda bermasalah dengan PT yang mengirimkan anda dari Indonesia, atau pun dengan majikan serta agensi di Taiwan, dapat mengadu langsung ke KDEI.

Nomor telpon & fax KDEI: (02)-8752-3117

 

  • NGO (Non-Government Organizations) atau yang di Indonesia dikenal dengan nama LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat): Selain mengadu langsung ke CLA, BLA atau KDEI, anda juga bisa meminta bantuan NGO untuk mengadukan masalah anda. Sesungguhnya, ada beberapa NGO yang tersebar di beberapa wilayah Taiwan yang memberikan pelayanan dan bantuan bagi para buruh migran khususnya berkaitan dengan masalah pekerjaan dan memperjuangkan hak-haknya.

Pihak NGO pertama sekali akan menginformasikan anda tentang hak-hak dan kewajiban anda sebagai pekerja, dan terhadap masalah yang anda hadapi maka NGO lalu mengklarifikasi masalah tersebut dengan majikan atau agensi dan apabila menemui jalan buntu, akhirnya pihak NGO akan membantu meneruskan kasus anda kepada badan-badan atau instansi yang berwenang untuk ditindaklanjuti. Pihak NGO dapat meminta BLA untuk mengecek kondisi pekerjaan anda bila ada keluhan tentangnya.

Oleh karena NGO tidak terdapat di semua wilayah, maka ketika anda membutuhkan bantuan NGO dapat menghubungi NGO terdekat di wilayah anda bekerja. Meskipun tidak semua NGO memiliki pekerja sosial asal Indonesia, anda tidak perlu sungkan/takut menghubungi mereka.

Berikut adalah daftar NGO yang bisa anda hubungi dan dimintai batuan:

  • Wilayah Taipei:
    • Migrant Workers’ Concern Desk (MWCD)

Room 201, 2F, No. 51 Chung Shan North Road, Sec. 3, Taipei City, 10461 (Tel: 02-2595-5715 / Fax: 02-2595-6471)

Staf Indonesia: Romo Karolus

  • Scalabrini International Migration Network, Taiwan Branch (SIMN)

Room 202, 2F, No. 51 Chung Shan North Road, Sec. 3, Taipei City, 10461 (Tel: 02-2599-5943 / Fax: 02-2595-6471)

Hubungi: Miss Lorna (berbahasa Mandarin dan Inggris)

  • Taiwan International Workers’ Association (TIWA)

3F, No. 53-6, Chung Shan North Road, Sec. 3, Taipei City, 104 (Tel: 02-2595-6858 / Fax: 02-2595-6755)

Staf Indonesia: Roos

  • Wilayah Chungli – Taoyuan:
    • Hope Workers’ Center (HOPE CENTER)

3F, 65 Chang-Chiang Road, Chungli City (Tel: 03-425-5416 atau 03-422-7075 / Fax: 03-427-1092)

Staf Indonesia: Ibu Mary

  • Wilayah Hsinchu:
    • Hsinchu Migrants’ Concern Desk

No. 81 Shuei yuan St. Hsinchu City 300 (Tel: 03-5735-375 atau 03-5735-387 / Fax: 03-5735-377)

Staf Indonesia: Suster Rosa

  • Wilayah Kaohsiung:
    • Stella Maris International Service Center

No. 37, Lainan Street, Yancheng District, Kaohsiung City, 803 (Tel: 07-533-1840 atau 07-521-3976 / Fax: 07-532-2209)

Yang bisa dihubungi: Father Ranulfo/Popong (bisa juga berbahasa Indonesia seadanya)

 

Baiklah bila anda telah mengetahui sedikit bagaimana dan ke mana mengadu ketika bermasalah dalam pekerjaan, maka sekarang beberapa saran praktis yang perlu diperhatikan ketika anda mengadu/melaporkan masalah anda:

  • Mencatat tanggal pertama kali anda mengadu dan selanjutnya setiap kali mengadu untuk melihat sejauh mana perkembangan pengurusan masalah anda; sangat dianjurkan juga untuk membuat diary atau catatan harian perkembangan kasus anda
  • Dengan hormat menanyakan dan mengetahui nama petugas yang menerima pengaduan anda sehingga memudahkan anda ketika kemudian menelpon dan menanyakan perkembangan pengurusan kasus anda
  • Menyimpan semua dokumen yang kiranya akan diperlukan dalam menangani masalah pekerjaan anda, seperti: daftar gaji, catatan tentang jam lembur (terutama bila tidak ada sebuah sistem pencatatan yang baik oleh pabrik), fotokopi paspor, ARC dan kontrak kerja anda.

 

SELAMAT BEKERJA….

 

Informasi dan klarifikasi,

Hubungi: Romo Karolus

MWCD, No. 51, Chung Shan North Road, Section 3, Taipei City, 10461

Tel. 02-2595-5715 / Fax: 02-2595-6471


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: